Manfaat Lebih Mengenal Buku Kisah Hidup

Kali ini saya akan berbagi tentang Manfaat Lebih Mengenal Buku Kisah Hidup. Ini saya anggap penting, karena dengan mengenal genre sebuah buku, maka kita akan lebih tahu bagaimana cara penulis memberikan nilai-nilai penting dalam buku yang ditulisnya diantara banyaknya genre buku dalam perkembangan dunia perbukuan yang makin pesat saat ini.

Kita harus akui bahwa perkembangan buku saat ini membuat banyak penerbit dan penulis berlomba-lomba untuk menghasilkan karya. Namun, biasanya pihak penerbitan lebih mengutamakan passion dari penulisnya untuk lebih bisa menghasilkan karya yang berkualitas. Ini karena dengan passion, maka daya tahan sang penulis dalam menuliskan genre yang ditulisnya akan lebih lama, dibanding mereka yang hanya menulis sebuah genre tanpa passion yang kuat.

Dari sekian banyak jenis buku yang berkambang di Indonesia, salahsatu yang kini perkembangannya sangat pesat adalah buku kisah hidup. Sebelum masuk pada pembahasan, alangkah baiknya jika lebih mengenal dulu berbagai istilah tentang buku kisah hidup. Ini karena kita akan menjumpai banyak sebutan yang bisa disematkan pada buku kisah hidup. Ia bisa disebut sebagai buku kisah hidup, buku riwayat hidup, buku biografi, memoar atau autobiografi dan munbgkin masih ada sebutan lainnya yang intinya merupakan buku yang berisi tentang kisah hidup seseorang.

Manfaat Lebih Mengenal Buku Kisah Hidup adalah kita akan lebih lebih tahu mengapa buku kisah hidup ini ditulis. Ada buku yang ditulis untuk menjelaskan perjalanan hidup sang tokoh mulai ia lahir hingga tua, bahkan meninggal. Buku seperti ini kita menyebutnya dengan buku biografi. Penulisan buku biografi ini biasanya atas permintaan pihak keluarga atau kerabat, dengan tujuan untuk bisa mengenang kisah hidup tokoh dan memberi panutan bagi generasi selanjutnya.

Namun, ada pula yang buku yang ditulis dengan rentang waktu antara saat tokoh lahir hingga saat ini yang dituturkan langsung oleh tokoh. Buku kisah hidup seperti ini kita sebut buku autobiografi. Dalam buku autobiografi ini sang tokoh bisa menulis sendiri kisah hidupnya atau meminta bantuan dari seorang penulis biografi berpengalaman.

Sedangkan jenis buku kisah hidup yang ketiga adalah memoar, yaitu buku kisah hidup yang menceritakan perjalanan hidup tokoh pada periode waktu tertentu. Ini dilakukan karena sang tokoh merasa pada periode tertentu itulah ia mengalami perjalanan hidup yang kiranya bisa lebih menarik untuk bacaan umum.

Tiga jenis buku kisah hidup ini yang bisa menjadi pilihan Anda dalam menuliskan kisah hidup Anda atau orang yang Anda kagumi. Pilihlah mana yang lebih cocok untuk Anda, autobiografi atau memoar. Atau Anda juga berminat juga bisa menulis buku biografi orang yang berkesan bagi Anda; orangtua, guru, tokoh masyarakat atau yang lainnya. Anda bisa menuliskannya sendiri atau meminta bantuan khusus seorang penulis biografi. Demikian Manfaat Lebih Mengenal Buku Kisah Hidup yang bisa saya jelaskan dalam pembahasan ini.

Sumber: Penulis Kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *