Tips Sukses Menulis Autobiografi di Indonesia

Kali ini pembahasan kita adalah tentang Tips Sukses Menulis Autobiografi di Indonesia. Setelah sebelumnya kita membahas tentang tips sukses menulis biografi di Indonesia dengan data dan wawancara yang kita dapatkan dari keluarga atau pihak lain sebagai klien, saat ini kita bahas tips penulisan autobiografi, dimana kita atau klien sendiri lah yang menjadi tokohnya.

Saat Autobiografi Ditulis Sendiri

Tidak ada salahnya jika kita menulis buku kisah hidup kita sendiri. Dengan kebiasaan kita menulis sebuah diary proses menulis autobiografi ini bisa lebih ringan dikerjakan. Ya, bedanya dalah jika pada diary kita menulis semua yang terjadi dalam kejadian sehari-hari, maka pada penulisan autobiografi kita lebih menyeleksi setiap kisah yang kita jalani tersebut.

Menulis autobiografi sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah kita bisa menghemat biaya untuk penulisan knten biografi, karena penulisannya kita sendiri yang menulis, jadi tidak perlu adanya dana untuk membayar jasa penulis kisah hidup.

Kekurangannya adalah dengan menulis autobiografi kita sendiri, kita tidak bisa objektif dalam menulis. Kabanyakan manusia hanya menulis bagian-bagian yang menguntungkan dirinya, seperti hal-hal yang membuat dirinya terlihat baik di depan banyak orang.

Ini tentunya akan berbeda jika sebuah autobiografi ditulis oleh seorang penulis kisah hidup yang akan berusaha jujur untuk menulis setiap kisah yang menarik yang dijalani sang tokoh. Menarik menurut penulis kisah hidup disini biasanya yang menjadi perhatian public terhadap tokoh yang ditulis; bisa tentang prestasi yang ia raih, bisa juga tentang masalah atau kasus yang pernah dialami tokoh yang banyak orang tertarik untuk mengetahuinya.

Saat Autobiografi Ditulis Oleh Penulis Kisah Hidup

Tips Sukses Menulis Autobiografi di Indonesia jika ditulis oleh seorang penulis kisah hidup adalah jika Anda berani menyatakan pada penulis tersebut sebagai apa Anda ingin ditulis. Ini penting dalam mmeberikan batasan pada penulisan autobiogrfai Anda yang mungkin berkecimpung dalam beberapa bidang selama hidup.

Contoh mudahnya adalah misalnya Anda di masyarakat terkenal sebagai seorang pengusaha yang sangat memperhatikan pendidikan khususnya pendidikan anak-anak terlantar yang ada di lingkungan Anda. Dalam hal ini Anda bisa menyatakan kepada penulis kisah hidup Anda bahwa autobiografi yang ditulis adalah tentang Anda sebagai pendidik atau orang yang concern pada pendidikan.

Dengan batasan inilah seorang penulis akan bisa mengembangkan sisi pendidikan pada diri Anda yang mungkin selama ini kurang banyak diketahui oleh public. Berikanlah cerita Anda, terutama yang berkaitan dalam bidang pendidikan mulai anda lahir hingga saat ini. Ceritakan saja secara jujur bagaimana Anda berusaha keras sehingga peroses pendidikan Anda bisa selesai sebagaimana yang Anda inginkan.  Ini tentu akan memberi manfaat kepada pembaca agar mereka tetap berupaya menyelesaikan proses pendidikan, meskipun banyak tantangan dan rintangan yang dihadapi.

Jika ini bisa Anda lakukan, setidaknya Anda telah memberikan motivasi belajar bagi semua orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan di Indonesia dengan buku autobiografi yang Anda tulis. Karena itu Anda harus bisa memberikan batasan yag tepat, sebagai apa Anda ingin ditulis dalam sebuah buku Autobiografi diri Anda. Itulah Tips Sukses Menulis Autobiografi di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *